Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Rabu, 22 Agustus 2012

aku dan suka duka netek-in...

Lha, ini blog udah berdebu tiba2 dateng langsung ngomongin soal per-tetek-an... Di sekip dulu lah ya cerita pas hamil sama melahirkannya karena yang ini luar biasa wahid butuh di share untuk melegakan hati..

Keputusan untuk pindah RS dan ganti dokter kandungan alhamdulillah bukan keputusan yang salah karena RS dan dokter tempat Yuza lahir sangat mendukung IMD, pro ASI, dan rooming-in. Persis begitu Yuza lahir jam 00.00 (melahirkan normal Alhamdulillah, walau perjuangannya masyaAllah... nanti di chapter berikutnya yak diceritain) langsung bisa IMD dan alhamdulillah bisa sekitar 1,5jam. Walau Yuza masih menelisik dimanakah letak puting Ibuch berada tapi yang penting bisa skin to skin antara Ibuch dan Yuza, alhamdulillah...

Hari pertama menyusui, ASI masih belum mau ngucur tapi tetep dijejelin ke Yuza untuk merangsang supaya kolostrum nya bisa keluar. Alhamdulillah Yuza merespon dengan baik. Biar kata istilahnya cuma ngisep angin tapi Yuza sudah berusaha menghisap, terima kasih ya anak ku sayang..

Hari kedua, ada setetes kebahagiaan muncul yaitu cairan bening yang namanya kolostrum. Alhamdulillah Ya Allah, dan ga buang waktu saat itu juga langsung di-blep ke mulut Yuza, seperti biasa Yuza merespon dengan baik, pintar nya anak Ayach sama Ibuch... :*

Hari demi hari berlalu sampai akhirnya Yuza dibawa ke Bandung karena di BSD tak ada ART dan menjelang lebaran jadi yasud sekalian mudik. Kegiatan per-tetek-an tidak menunjukkan masalah yang berarti sampai memasuki hari ke-8 usia Yuza, si tetek mulai kesakitan. Puting lecet sampe berdarah-darah (seriusan keluar darah! Jadi kek susu rasa stroberi), badan meriang karena si tetek membengkak sampe ngerasa deg-deg-an klo tiap mau netek-in... Duh Gusti, bantu hamba melewati semua kondisi ini.

Persis besoknya, Yuza pertama kali kontrol ke dsa sekalian untuk imunisasi. Tanya sana-sini mengenai dsa yang pro RUM dan pro ASI, akhirnya ketemulah sama dr Frescillia di RS Limijati, dokternya masih muda lho. Begitu ketemu, dokter langsung tanya kasih asi atau ngga, begitu saya jawab ASI blio langsung kasih respon positif juga. Pertahankan dan tetap semangat ya Bun, gitu katanya... Ademmmm, berarti dokternya memang pro ASI.

Terus blio juga tanya2 kondisi dedek, pup nya gimana, pipis berapa kali sehari, dan akhirnya tanya tetek juga. Gimana putingnya? Lecet ga waktu menyusui? begitu saya jawab, iya dok.. sakit banget sampe kadang suka deg-deg-an klo mau nyusuin. Langsung dengan sigap bu dokter nyuruh emaknya nunjukin si tetek. Lha ini kan dsa kenapa deh yang diperiksa emaknya. Ternyata kata bu dokter yang sakit bukan dedeknya tapi ibu nya karena dedeknya sehat wal afiat, alhamdulillah.

Bener aja begitu liat si tetek, responnya... Duh, ieu mah pasti sakit pisan Bun! Coba saya mau liat posisi menyusuinya selama ini seperti apa. Begitu praktik nyusuin langsung di depan bu dokter langsung lah bu dokter ngajarin posisi yang benernya karena ternyata posisi saya selama ini salah dan itulah yang menyebabkan lecet dan sakit saat  menyusui.

Dengan sigap bu dokter langsung ngajarin beberapa posisi menyusui seperti yang dianjurkan aimi asi. Dan ternyata bener kalau latch on tepat, proses menyusui jadi menyenangkan dan ga sakit dan yang paling penting dedek nya bisa maksimal dapat hindmilk bahkan sampe si tetek kosong kempes tak bersisa!

Ya Allah... senang hati ini bisa juga ngerasain nyusuin tanpa deg-deg-an dan rasa khawatir bakal lecet, sakit sampe berdarah-darah dan meriang segala macem.

Begitu sampe rumah, supaya apa yang udah diajrin bu dokter ga nguap gitu aja langsung lah dipraktekin lagi dan... alhamdulillah Yuza lahap banget mimik susu nya sampe glek-glek-glek ^,* dan.... yang paling penting lagi oh puting ku sayang tidak kesakitan dan si tetek bisa kempesssss baget. Subhanallah, Alhamdulillah Ya Allah..

Tik tok..tik tok... seperti biasa tengah malem Yuza bangun karena pipis dan lapar. Tanpa babibu langsung coba praktekin lagi latch on yang diajarin bu dokter tadi siang... terrus... jreng jreng ihikksssss kenapa sakit lagi :"(((((

Dicoba lagi, dicoba terus, apanya yang salah, perasaan secara teori udah bener... sampe akhirnya Yuza agak ngambek karena terlalu lama dipindah sana sini dan diputuskan untuk pakai gaya lama dan perih lagiiiiii bangetttt :"(((((

Helepppppp, mesti gimana ini???? Yang lain kayak gini juga ga sih??? uhuks...

Akhirnya proses nyusuin jadi berasa horor lagi tapi tetep berusaha nyusuin demi Yuza sampe ada adegan mewek-mewek dulu karena kesakitan. Demi Yuza, Ibuch akan berusaha lebih kuat!

Sampe tulisan ini release, si tetek masih nyat nyut aja sampe akhirnya memutuskan untuk mengistirahatkan satu tetek yang udah kelewat perih dan memaksimalkan tetek yang satunya untuk nyusuin Yuza. Sambil berharap besok pas jadwal ke bu dokter lagi untuk cek kenaikan bb nya Yuza, mau minta diajarin lagi latch on yang bener sekalian breast care juga supaya grenjil-grenjil nya ga terlalu nge-bagel!

** Ya Allah, lancarkan dan mudahkanlah niat hamba untuk dapat memberikan ASI sebagai asupan terbaik untuk putra hamba. Cukupkanlah ASI hamba untuk putra hamba, Ya Allah.. Hilangkanlah rasa sakit dan rasa takut saat akan menyusui dan gantikanlah dengan rasa tenang dan bahagia. Sehatkanlah selalu putra hamba, hamba, dan suami hamba. Jauhkanlah segala hal buruk dari kehidupan kami karena Engkau lah sebaik-baik nya penolong, aamiin..


4 komentar:

ndhachiyo mengatakan...

Aminnnn,, yg satu sperah tangan aja chiki, karena sama aja grinjel2 nyga gak bakal ilang dan bkal membengkak, dikompres air angatbsambil dipijet2 terus yg gw bilang grinjek2 diteken sambil didoring gtu mak,, smuga gak sakit lgii.,

lomita mengatakan...

hai chi-Q...salam kenal ya :)

makasi rekomendasinya loohh....definitely will go to her kalo ke bandung :)

kamu di bsd juga kah?

sama ni, sebelum pulang dari RS juga di cek latch on nya udah bener apa belum, tapi sekarang jadi sakit lagi :(

violet zahwa mengatakan...

KEREN BIN BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA GAN...



DIGOYANG AYAM KAMPUS SAMPAI MUNCRAT KEMANA-MANA


CEWEK CANTIK KESURUPAN LEPAS PAKAIAN SAMPAI BUGIL DITONTON BANYAK ORANG


AMOY BERCINTA GAYA GUGUK....DESAHAN BIKIN CROTT..


DUKUN CABUL MENGOBATI PASIEN SAMBIL DIENTOT BERDIRI..


TOKET-TOKET YANG MATANG DAN SIAP DIUNDUH....


NGENTOT KEPONAKAN AMOY CANTIK


CABE CABEAN BELAJAR NGENTOT NANGIS...


RAHASIA MENAKLUKKAN TANTE GIRANG ASLI...


JANDA BARU BUGIL DIKONTRAKAN SAMBIL MASTURBASI...


CEWEK CABECABEAN LOMBA NGENTOT LAMA..


JANDA MUDA MEMEK BASAH BIKIN NAGIH....


TOKET TANTE LAGI TEGANG BESAR BULAT PENTIL PINK....


KOLEKSI AYAM KAMPUS SURABAYA MULUS, PUTIH, BENING....



Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar